Gemilang Terkini

Selasa, 05 Mei 2020

Melalui Transformasi Pertanian, Petani di didik Untuk Mengubah Pola Petanian Tradisional Menjadi Lebih Modern

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Transformasi Pertanian yang merupakan program Bupati Ogan Ilir, H.M. Ilyas Panji Alam, yang diluncurkan pada tahun 2020,  program ini sudah diluncurkan bertepatan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ogan Ilir yang Ke-16 tahun.

Melalui program Transformasi Pertanian ini, petani akan di didik untuk mengubah pola pertanian tradisional menjadi lebih modern , dengan memanfaatkan alat-alat mesin pertanian modern yang dipinjamkan oleh Pemerintah kabupaten Ogan Ilir.

Dalam program ini, pemerintah Kabupaten Ogan Ilir,  akan mengutamakan pemanfaatan lahan tidur yang akan dijadikan lahan pertanian yang produktif, sehingga dapat memberikan nilai tambah, baik bagi lingkungan maupun bagi perekonomian di Masyarakat.

Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam mengatakan manfaat dari transformasi pertanian, ialah, “Termanfaatkannya lahan tidur yang selama ini terbengkalai di Kabupaten Ogan Ilir,  mencegah karhutlah, mendidik petani untuk lebih mandiri, mengajarkan modernisasi pertanian, meningkatkan jiwa bertani di Masyarakat, dan meningkatkan pendapatan kesejahteraan di Masyarakat" Katanya Selasa (5/5/2020)

Lebih lanjut disampaikannya, mekanisme tahapan program transformasi pertanian yang akan dilaksanakan, yaitu petugas PPL akan mendata jumlah lahan tidur yang ada di seluruh Kabupaten Ogan Ilir, bagi warga yang memiliki lahan tidur juga dapat mendaftarkan diri pada PPL yang bertugas disetiap Desa dan Kelurahan.

“Pelaksanaan ini akan dilaksanakan pada tahun 2021, masyarakat dapat mulai mengelola lahan-lahan tidur yang ada didesa masing-masing" Terangnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar