Gemilang Terkini

Selasa, 08 Oktober 2019

Ribuan Peserta Hadiri Peringatan Hari Aksara Internasional Ke 54

OGAN ILIR, gmjnews.com- Dengan tema “Mengembangkan Budaya lokal dan literasi Masyarakat Menuju Ogan Ilir Gemilang”. Ribuan Peserta yang terdiri dari Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan, Kepala Sekolah guru serta para Siswa dan siswi baik SD maupun SMP yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) tumpah ruah menghadiri Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Ke 54 tahun 2019, yang digelar di Lapangan Bola Kaki Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI, Selasa (8/10/2019).

Dalam Peringatan HAI ini berbagai kegiatan digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI Melaui Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OI, diantaranya jalan sehat, senam sehat, serta pameran produk lokal berupa kerajinan dari para pelajar.
Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam yang diwakili Sekda OI, H.Herman, mengatakan bahwa Peringatan Hari Aksara Internasional ini merupakan suatu kerjasama yang dilakukan oleh Dinas pendidikan Kabupaten OI, beserta jajarannya, terkhusus PKM – PKM untuk melaksanakan dalam rangka membasmi atau memberantas buta aksara di Kabupaten OI.

“Alhamdullilah sekarang tinggal 0,00 % yang belum bisa membaca dan menulis, artinya sudah 9,99 % ogan ilir sudah dapat melaksanakan hari aksara internasional ini,” Ujarnya.

Dikatakannya, "Dibandingkan dengan saudara-saudara kita di tingkat nasional yang baru 98%, artinya ogan ilir sudah berhasil dalam melaksanakan pemberantasan buta aksara di Kabupaten Ogan Ilir" Tukasnya.

Dr.Arianto selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OI mengatakan bahwa Untuk mengembalikan kehidupan dalam kearifan lokal, kita menggerakkan KPM Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka mensosialisasikan untuk hari aksara internasional, bahwa kedepan itu memang bisa nol persen buta aksara yang ada di ogan ilir tujuan kita kedepan.

“Kita selalu bersosialisasi bekerja sama dengan kepala Desa, Camat dan Uptd serta Kepala Sekolah sebagai ujung tombak kita dalam rangka mendeteksi sejauh mana masih ada buta aksara yang ada di Ogan Ilir ini, kita selesaikan secepatnya dan sedini mungkin ” Katanya.
Sementara itu, Kepala Biro Propinsi Sumsel Babel BP PAUD Dr Subiyanto, sangat Terenyuh, tidak mengira kegiatan tersebut sangat luar biasa, hampir sama dengan yang ada ditingkat nasional yang dilaksanakan di Sulawesi selatan beberapa waktu lalu dengan menghadirkan 5.000 lebih.

“Menurut saya ini bisa jadi bestpraktis untuk Kabupaten/kota yang lain, sepengetahuan saya bahwa di ogan ilir ini memang banyak inovasi, perlu dicontoh juga oleh daerah – daerah lain ” Imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BP PAUD propinsi Sumsel Babel Dr.Subiyanto, Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam diwakili Sekda H.Herman, Asisten I Rahman Rosidi, Kepala Dinas Pendidikan Dr.Arianto, Camat Tanjung Raja Erwin Sani, Camat Sungai Pinang Mustakimah, Korwil Dinas pendidikan, Danramil, Kapolsek, Kepala Sekolah Se Kabupaten Ogan Ilir, para guru serta Ribuan Pelajar. (Rel/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar