Gemilang Terkini

Senin, 14 Oktober 2019

Ridho Rencanakan Rekrut PHL Bergaji Rp 3 Juta, Khusus Bersihkan Lingkungan Prabumulih

PRABUMULIH, gmjnews.com- Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya berencana untuk merekrut Pekerja Harian Lepas (PHL) khusus membersihkan lingkungan di Bumi Seinggok Sepemunyian.

Meski masih dalam tahap rencana namun orang nomor satu di kota Prabumulih itu mengaku, jika rencana itu terealisasi maka tiap PHL kebersihan yang direkrut akan digaji Rp 3 juta perbulan.

"Kita sedang memikirkan, saat ini motor (sampah-red) sudah banyak dibantu ke kelurahan apakah masih perlu atau tidak, saya sedang berpikir kalau kelurahan tak mampu maka saya akan gaji PHL khusus dengan gaji Rp 3 perorang dan tiap kelurahan tiga orang."

"Tugas mereka membawa cangkul dan arit membersihkan parit dan kiri kanan jalan," ungkap Ridho saat diwawancarai akhir pekan lalu.

Ridho menuturkan, dengan tugas seperti itu dan dilengkapi peralatan angkut sampah kemungkinan akan ada masyarakat ingin bekerja demikian dan efeknya akan membuat seluruh lingkungan di kota nanas menjadi bersih.

"Aku kita ada masyarakat mau, kita gaji Rp 3 juta lalu disiapkan cangkul, mesin rumput dan motor sampah, kerjanya membersihkan rumput dan parit di lingkungan, ini masih kita pikirkan," katanya.

Pemikiran itu muncul lantaran Ridho melihat dana kebersihan di tiap kelurahan tidak berjalan dengan baik dan sangat disayangkan.

"Saya itung-itung jika berjalan Rp 3 juta dikali 12 bulan berarti Rp 36 juta, beli cangkul dan mesin rumput kisaran Rp 50 juta maka selesai, bersih Prabumulih," bebernya.

Lebih lanjut Ridho mengaku, jika tenaga kebersihan diberikan ke tenaga PHL maka akan lebih mudah dikontrol disebabkan jika di suatu kelurahan tidak bekerja lebih mudah diganti.

"Kalau PHL sudah digaji besar dengan alat lengkap tidak bekerja bisa diberhentikan ganti orang lain, akan ada daya saing antar petugas kelurahan, makanya ini sangat menjadi pemikiran kita," tuturnya.

Seperti diketahui, saat ini hampir seluruh kelurahan di Prabumulih telah mendapat bantuan motor sampah dan dalam penerapan ada petugas pembersih membawa motor.

Namun petugas kebersihan membawa motor sampah itu bukan mengangkut sampah di jalan atau kotak sampah yang ada tetapi justru digunakan untuk mengangkut sampah rumah tangga yang berlangganan membayar. (Sumber: https://sumsel.tribunnews.com/2019/10/13/ridho-rencanakan-rekrut-phl-bergaji-rp-3-juta-khusus-bersihkan-lingkungan-prabumulih)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar