Gemilang Terkini

Kamis, 24 Oktober 2019

Rumah Zakat adakan Pelatihan Pakan ternak potensial di Desa Berdaya

JAMBI, gmjnews.com- Rumah Zakat melaksanakan kegiatan pelatihan ternak Maggot BSF (Black Soldier Fly) untuk pakan ternak potensial di Desa Sumbersari, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo Jambi, Kamis (24/10/2019).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Peternak Berdaya dari fasilitator Desa Berdaya yang bertujuan sebagai edukasi kewirausahaan masyarakat di Desa Sumbersari yang di inisiasi oleh Jusbianto. 

“BSF yang merupakan jenis lalat tentara hitam baru-baru ini menjadi primadona di kalangan peternak terutama peternak ikan dan unggas. Pasalnya selain mudah untuk dibudidayakan, hasil dari BSF banyak menguntungkan bagi peternak karena dapat mengurangi jumlah cost pembelian pakan. Hasil dari BSF ini dapat berupa prepupa hingga bekas media yang dapat dijadikan pupuk kompos”, ujar Relawan Inspirasi Rumah Zakat tersebut.

Menurut Jusbian hasil dari potensi ternak BSF ini dimulai dari Kesehatan, yaitu  BSF adalah jenis lalat bersih tidak membawa bakteri patogen penyebab penyakit, Lingkungan yaitu BSF merupakan agen dekomposer untuk menguraikan sampah dan mengatasi permasalahan sampah di lingkungan.

“BSF ini dapat diternakkan dengan baik beliau menjelaskan tentang skema hasil dari potensialnya. Bahwasannya hasil dari potensi ternak BSF ini dimulai dari Kesehatan”, tutur Alumni fakultas Peternakan ini.

Masyarakat pun sangat antusias mengikuti acara hingga praktikum, karena baru mengenal bahwasannya lalat BSF memiliki potensi yang menjanjikan dan mudah untuk dikembangkan. Hasil praktikum selanjutnya akan di pantau oleh Jusbianto untuk memastikan keberhasilannya.

“Kegiatan dilakukan dengan jadwal di  empat Dusun secara bergantian dimualai di Dusun Sidodadi, Dusun Baru, Dusun Karyatani dan Dusun Tegal Rejo desa Berdaya Sumbersari, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo Jambi”, pungkasnya. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar