Gemilang Terkini

Senin, 20 Juni 2022

Seleksi Calon Kades, DPMD OI Gandeng Tim Independen Unsri

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam rangka seleksi calon kepala desa (Pilkades ) serentak tahun 2022 yang akan diselenggarakan Sabtu 15 oktober mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) gandeng Tim Independen Universitas Sriwijaya (UNSRI) untuk lakukan tes seleksi uji kelayakan bakal calon kepala desa yang melebihi lima calon.

Tes seleksi kelayakan para kontestan Pilkades serentak dilaksanakan pada minggu ke empat bulan juli berdasarkan PERBUP NO.43 TAHUN 2022 TENTANG PEMILIHAN KEPALA DESA PASAL  50,  51, dan 52, dilaksanakan Paling lama tiga hari yaitu pada tgl 29-30-31 Juli 2022 dan bakal diselenggarakan di UNSRI Bukit besar palembang.
Tim Independen UNSRI akan melakukan tes tertulis dan tes wawancara dengan 3 materi yaitu:

1.UUD 1945 dan Pancasila

2.Sosial budaya dan agama

3.Pemerintahan

+. Muatan lokal yaitu

Mis dan Visi
Bupati Ogan Ilir panca Wijaya Akbar melalui kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa Akh. Lutfi S.Sos M.Si didampingi kepala bidang (Kabid) pemberdayaan desa Susi primasari ketika ditemui diruang kerjanya,Senin 20/6/2022 menjelaskan pihaknya  laksanakan tes seleksi calon kepala desa sengaja menggandeng tim independen untuk menghindari asumsi keberpihakan baik dari bupati maupun dari dinas PMD 

"Pemerintah sengaja menggandeng pihak independen untuk menghindari pendapat masyarakat kalau pemerintah masi ada berpihak kesalah satu Bacalon kades pasca pilkada"ungkap bupati melalui kadin PMD.

Sementara itu Rektor UNSRI prof Dr Anis saggaff melalui Dekan Pisip UNSRI Prof Dr Alfitri sebagai koordinator tim penguji ketika diwawancarai awak media usai audensi dg Bupati terkait pelaksanaan tes bakal calon kepala desa yang melebihi lima orang mengatakan bahwa Bupati kabupaten Ogan Ilir menyerahkan sepenuhnya kepada tim independen seleksi kades untuk melaksanakan seleksi sesuai dengan peraturan.

"UNSRI berupaya melakukan seleksi secara profesional sehingga didalam tes ini akan terjaring orang orang yang terbaik dan punya kemampuan untuk memimpin desa,dan Hasil tes akan diumumkan hari itu juga "jelas Alfitri. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar