Gemilang Terkini

Rabu, 27 Juli 2022

Posyandu dan Puskesmas Garda Terdepan Dalam Melayani Masyarakat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI) Budi Gunadi Sadikin didampingi Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar dan juga Kepala Dinas Kesehatan Ogan Ilir Hendra Kudeta Secara langsung mendatangi Posyandu yang berada di Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya dan Puskesmas Indralaya, Rabu (27/07/2022).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terlebih di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya dan juga Puskesmas Indralaya.

Hal tersebut bertujuan guna memastikan pemberian layanan kesehatan prima di Posyandu Desa Tanjung Gelam dan Puskesmas Indralaya sebagai salah satu dari sembilan pilot project di Indonesia.

"Kami memang sedang melakukan program revitalisasi Posyandu. Supaya fokus program kesehatan, sehingga ke depannya lebih banyak menjaga orang agar tetap sehat, bukan mengobati orang yang sakit" Kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Menurutnya, dengan masyarakat tetap sehat maka biaya hidup lebih murah dan kualitas hidup masyarakat juga lebih bagus. Dipilihnya Posyandu Desa Tanjung Gelam dan Puskesmas Indralaya, dikarenakan posisinya berada di kota.

"Saya sangat senang sekali, karena disini Pak Bupati Panca support. Kepala Desanya juga Kader Posyandu juga semangat semua" Ujarnya.

Adapun target dari tujuan Menkes Budi ke Ogan Ilir, yakni, ingin mengembangkan kembali Posyandu yang selama ini sempat mati suri. Padahal, Posyandu ini adalah garda terdepan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat ditingkat paling bawah.

"Dulu kan Posyandu itu lebih ke ibu hamil dan bayi, sekarang kan lebih masuk ke semua umur. Kami berharap ya pelayanan kesehatannya lebih masuklah" Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengatakan Pemkab Ogan Ilir tentunya sangat mendukung pilot project dari Kemenkes RI.

"Tentunya kita dari Pemkab Ogan Ilir mengutamakan pelayanan prima mendukung program Kemenkes RI, dimulai dari posyandu berkoordinasi dengan kades, pmd. Bagaimana upaya pencegahan kita, jangan sampai sakit dulu karena kalau terkena sakit tentunya akan mahal biayanya. Kalau bisa tetap sehat karena biaya menjaga kesehatan lebih murah dibandingkan jika sakit" Pungkasnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar