Gemilang Terkini

Kamis, 15 Oktober 2020

Telkomsel Gandeng Rumah Zakat Laksanakan Program Pemberdayaan Ekonomi

PALEMBANG, gmjnews.co.id- PT Telkomsel menggandeng Rumah Zakat berkolaborasi dalam usaha pengembangan dan pemberdayaan ekonomi desa melalui inisiatif program bertajuk Desa Berdaya.

Telkomsel memahami bahwa pandemi Covid-19 turut berdampak bagi sektor ekonomi di Indonesia, tak terkecuali di Sumatera Selatan. Maka dari itu, Telkomsel berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Output dari program desa berdaya ini diharapkan akan mampu membantu memulihkan perekonomian negeri, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas,” ungkap Manager Branch Telkomsel Palembang, Samsurizal, di sela peresmian desa berdaya di kawasan 8 Ilir, Kamis (15/10/2020).
Program ini merupakan program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa melalui pendekatan terintegrasi, yaitu program capacity building atau pembinaan masyarakat, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana.

Di Sumsel program desa berdaya dilaksanakan di Kelurahan 8 Ilir Palembang. Kelurahan dengan luas 750 hektare ini didiami 22.000 penduduk yang mayoritasnya adalah pedagang.
Selama program berlangsung, masyarkaat Kelurahan Ilir 8 mendapat bantuan pemberdayaan usaha. Bantuan tidak terbatas pada bantuan modal, namun mencakup pelatihan dan pembinaan, pembangunan sarana usaha, pengembangan produk hingga pendampingan usaha selama satu tahun.

Sementara itu Sulaiman Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan mengatakan Rumah Zakat nantinya akan membentuk Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS) di kelurahan 8 ilir.

“BUMMAS ini diharapkan menjadi sebuah media yang menyatukan kekuatan serta aset yang dimiliki masyarakat. Dengan semangat kolaborasi, BUMMAS ini diharapkan mampu memperkuat pemberdayaan dan kemandirian di desa berdaya Kelurahan 8 Ilir, agar nantinya taraf ekonomi masyarakat akan meningkat”, ujarnya. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar