Gemilang Terkini

Selasa, 13 Februari 2024

KPU Ogan Ilir Musnahkan 5.167 Kelebihan Surat Suara

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Disaksikan Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, SH.,MH, Kapolres AKBP Andi Baso Rahman, Pabung Ogan Ilir serta Kejari Ogan Ilir, dan Ketua Bawaslu Ogan Ilir, KPU Ogan Ilir Musnahkan 5.167 Kelebihan Surat Suara. Selasa (13/2/2024). Bertempat di Halaman Kantor KPU Ogan Ilir.

Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani mengatakan, kegiatan pemusnahan kelebihan surat suara tersebut sudah berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apa pun. " Pemusnahan surat suara ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah potensi penyalahgunaan surat suara yang tidak terpakai dan mengurangi risiko kerawanan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2024" Katanya.

Wabup juga mengatakan bahwa dirinya bersama keluarga akan melakukan pencoblosan di Kota Palembang, meskipun begitu tetap akan melakukan pemantauan terhadap kegiatan kepemiluan dan penghitungan suara. 

Selain itu juga Wabup Ardani mengingatkan kepada seluruh masyarakat pada tanggal 14 Februari 2024 untuk menggunakan hak pilihnya, agar tidak golput serta dalam kontestasi pesta demokrasi memilih dan mencoblos Presiden dan Wakil Presiden, DPRR RI, DPD RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten. “Diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Ogan Ilir maupun petugas pemungutan suara untuk sama-sama ingatkan untuk hadir, datang ke TPS dalam rangka mencoblos dan memilih, " ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Ogan Ilir Masjidah, melaporkan bahwa kelebihan surat suara yang dimusnahkan tersebut yaitu.
1. Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 1126 lembar,
2. DPR RI sebanyak 408 lembar,
3. DPD RI sebanyak 2695 lembar,
4. DPRD Provinsi sebanyak 93 lembar.
5. DPRD Kabupaten Ogan Ilir Dapil. 1 sebanyak 314 lembar, Dapil. 2 sebanyak 65 lembar, Dapil. 3 sebanyak 407 lembar, Dapil. 4 sebanyak 13 lembar, Dapil. 5 sebanyak 46 lembar.

Ketua KPU OI Masjidah menjelaskan bahwa, pemusnahan surat suara tersebut sesuai aturan KPU RI bahwa pada H-1 jika ada surat suara lebih atau pun rusak harus dilakukan pemusnahan. "Pada hari ini kita melakukan pemusnahan 5.167 surat suara mulai yang kelebihan dan rusak dan mudah-mudah besok pada hari pencoblosan aman dan kondusif, " ujarnya. 

Ketua KPU Ogan Ilir juga mengajak seluruh masyarakat untuk ke TPS untuk memberikan hak suara dan jangan golput. (Ril/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar