Gemilang Terkini

Sabtu, 17 Juli 2021

Puluhan Warga Desa Kepala Siring Lahat Nanggok Ikan

LAHAT, gmjnews.co.id- Puluhan warga yang berada di Desa Kepala Siring Kecamatan Kikim Tengah Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, beramai-ramai menuju ke Sungai Lingsing yang berada di Desa mereka, Minggu (18/07/2021).

Kedatangan para warga tersebut adalah untuk menangkap ikan (Nanggok Ikan, red) dengan menggunakan berbagai macam peralatan, mulai dari jala, serok, jaring, numbak, mancing, dan berbagai macam alat yang lainnya.
"Tradisi tersebut sudah menjadi tradisi tiap tahun yang sering dilakukan warga sekitar, dengan tujuan menangkap ikan dan juga sekaligus menjalin keakraban dengan sesama warga" Kata Anot warga Lahat yang sekarang tinggal di Ogan Ilir saat diwawancarai.

Dikatakannya juga, bahwa warga yang ikut mencari ikan tersebut sebelumnya sudah sumbangan, yang nantinya uang hasil sumbangan tersebut dibelikan bibit ikan, selanjutnya bibit ikan yang sudah dibeli tadi dilepaskan ke sungai.

"Nah nantinya ikan-ikan yang dilepas ke sungai bisa diambil lagi oleh warga pada tahun berikutnya, terutama menjelang lebaran idul adha seperti sekarang ini" Ujarnya.

Terlihat puluhan warga sangat antusias menangkap ikan, bukan hanya warga sekitar namun ada juga warga dari desa lain yang sengaja datang untuk sekedar melihat puluhan warga yang menangkap ikan tersebut. (Ani/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar