Gemilang Terkini

Kamis, 07 Maret 2024

Sosialisasi Dana Desa Tahun 2024, Ini Pesan Wabup Ogan Ilir

Sosialisasi Dana Desa Tahun 2024, Ini Pesan Wabup Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wakil Bupati Ogan Ilir, H. Ardani, S.H.,M.H, didampingi Asisten Sekda OI, staf ahli Bupati dan Kepala dinas Pemberdayaan masyarakat desa membuka Sosialisasi dana desa Tahun 2024 tentang fasilitasi penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa tahun 2024.  Kamis, 07/03/2024. Bertempat di gedung serbaguna Tanjung Senai.

Wabup Ardani menjelaskan undang- nomor 6 tahun 2014 tentang desa, memandatkan bahwa desa berwenang untuk mengatur dan mengurus pemerintahan dan kepentingan masyarakat. " Jadi dana desa merupakan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer langsung ke rekening desa dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, " ujarnya.

Target penggunaan dana desa tahun 2024 disinkronisasikan dengan prioritas nasional yaitu program perlindungan sosial dan kemiskinan ekstrem melalui blt desa, dana operasional pemerintah desa, memberikan bantuan permodalan kepada bumdes, dan dukungan program sektor prioritas di desa termasuk penanganan stunting mendukung ketahanan pangan dan hewani. "Alhamdulillah kabupaten ogan ilir kemaren, tanggal 5 maret 2024 mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama pemerintah daerah terbaik dalam kinerja pengelolaan dana desa tahun anggaran 2023, " tuturnya.

Wabup Ardani juga berharap pada tahun 2024 ini, semua dapat mempertahankan penghargaan yang telah diberikan dengan kinerja dari semua pihak khususnya kepala desa di kabupaten Ogan Ilir. " Saya harapkan dengan terselenggaranya sosialisasi dana desa ini dapat memberikan pemahaman kepada kepala desa dalam melaksanakan tata kelola desa baik dalam segi administrasi, perencanaan serta pelaksanaannya, " tutupnya. (Ril/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar