Gemilang Terkini

Kamis, 13 Mei 2021

Ziarah Kubur, Tradisi Turun Temurun

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ziarah kubur yang merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak puluhan tahun silam merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh warga.


Seperti yang dilakukan oleh warga yang berada di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) provinsi Sumatera Selatan yang memiliki tradisi unik setiap Idul Fitri maupun Idul Adha, yakni ziarah kubur serta halal bihalal di area pemakaman umum.


"Biasanya ziarah kubur serta halal bi halal di pemakaman dilakukan pada lebaran idul fitri maupun idul adha, yakni pada lebaran hari kedua, selain warga sekitar ada juga warga perantauan yang pulang kampung dan melakukan ziarah, tradisi ziarah ini sudah berlangsung cukup lama, bahkan sejak saya masih kecil" Kata Didi salah satu warga yang ikut ziarah, Jum'at (14/05/2021).


Dikatakannya, di pemakaman inilah tempat saling minta maaf setelah lama tidak bertemu, baik dengan keluarga yang jauh maupun warga yang sedang berziarah.


"Berziarah di pemakaman umum itu terasa cukup nyaman karena selain bisa bertemu kerabat dekat juga bisa bertemu dengan warga yang lain, dan selanjutnya biasanya akan dilanjutkan halal bi halal dirumah" Pungkasnya. (Ani/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar