Ketahanan Pangan Desa Ketapang 1, Ini Kata Kades

Ketahanan Pangan Desa Ketapang 1, Ini Kata Kades

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketahanan pangan desa adalah kemampuan suatu desa atau komunitas desa untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya secara mandiri dan berkelanjutan, dengan memperhatikan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, serta nilai gizi dari pangan yang dihasilkan.

Hal ini mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi pangan yang berkelanjutan, serta upaya-upaya untuk membangun kemandirian dan kedaulatan pangan di tingkat desa.
Musaddat Kepala Desa (Kades) Ketapang 1 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) ketika diwawancarai di kediamannya, Selasa (7/5/2024) mengatakan bahwa untuk ketahanan pangan didesanya untuk tahun 2023 yakni pembangunan jalan cor beton persawahan dan pembagian bibit

"Adapun bibit-bibit tersebut yang kita bagikan yakni bibit terung, bibit jagung, dan juga bibit cabe, dengan harapan semoga bibit-bibit tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat desa Ketapang 1" Kata Kades.

Dijelaskan Kades, sementara itu untuk dana ketahanan pangan pada tahun ini yakni tahun 2024 kita menganggarkan untuk membuat sumur pertanian, dan juga handtraktor.

"Tahun ini untuk bibit tidak jadi kita anggarkan untuk sumur, yakni sumur pertanian dan juga handtraktor yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Ketapang 1, dan semoga apa yang sudah kita anggarkan semuanya bisa bermanfaat tentunya sehingga untuk tahun-tahun berikutnya bisa terus kita anggarkan lagi" Imbuhnya. (Edi/Red)