Gemilang Terkini

Kamis, 11 Januari 2024

96 Pasang Pengantin Hadir Di Tanjung Senai Guna Semarakkan HUT OI Ke 20 Tahun


OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Guna menyemarakkan dan memeriahkan dan memperingati HUT Kabupaten Ogan Ilir (OI) ke 20 tahun 2024, 96 pasang pengantin lama yang mengikuti isbat nikah pada bulan Desember 2023 yang lalu sengaja diundang dan hadir di Aula Caram Seguguk KTP Tanjung Senai Indralaya Ogan Ilir, Sumsel, Selasa (09/01/2024).

Para peserta yang mengikuti Isbat Nikah 6-7 Desember 2023 lalu, tampil mengenakan pakaian pengantin dengan berbagai warna dan corak budaya yang dikenakan. Kendati pasangan pengantin lama, namun mereka tanpa sungkan, risih atau malu, justru terlihat percaya diri, dengan dipadu pakaian pengantin yang mereka kenakan.

“Hari ini pasangan pengantin lama, yang mengikuti isbat nikah 6-7 Desember 2023 lalu, sengaja kita undang dengan mengenakan pakaian pengantin,’’kata Kepala Dinas Dukcapil OI, Zaidan Sukarno.

Dikatakan Zaidan, Jumlah peserta pasangan pengantin lama ini, saat mengikuti Isbat nikah jumlahnya 100 pasangan, namun saat mengikuti Isbat nikah, 4 pasangan gugur, penyebabnya antara lain tidak ada bukti akta cerai saat perkawinan pertama, untuk melaksanakan perkawinan kedua.

Ditambahkan Zaidan, pasangan pengantin lama ini, akan menerima buku nikah, akta nikah, akta kelahiran dan dokumen lainnya dan terselenggaranya isbat nikah kerjasama dengan Pengadilan Agama (PN) Kayuagung dan Kementrian Agama Kabupaten OI.

Pada kesempatan tersebut wakil Bupati (Wabup) Ogan Ilir H Ardani mengatakan, isbat nikah yang dilaksanakan ini yang pertama pasca wabah covid 19 , sempat vakum selama 3 tahun, sehingga bisa dilaksanakan kembali pada 6-7 Desember 2023 lalu.

“Saya berharap isbat nikah ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun 2024, tentu kuotanya harus ditambah, paling tidak 200 hingga 300 pasangan,’’ harap Wabup Ardani. (*/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar