Kunker ke OKU Timur, Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni Buka Lomba Masak Serba Ikan serta Berikan Sejumlah Bantuan

Kunker ke OKU Timur, Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni Buka Lomba Masak Serba Ikan serta Berikan Sejumlah Bantuan

OKU Timur, gmjnews.co.id- Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Selatan (Sumsel) Tyas Fatoni membuka lomba masak serba ikan. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan KONI Belitang, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Kamis (20/6/2024).

Selain itu, Tyas Fatoni juga menyerahkan bantuan paket makanan olahan ikan bagi pelajar SD dan bantuan sarana prasarana perikanan bagi peternak ikan. Dia juga mengapresiasi kegiatan lomba masak serba ikan sebagai mensosialisasikan Gemar Makan Ikan (Gemari) kepada masyarakat.

"Ikan adalah sumber daya yang sudah tersedia di Indonesia yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Oleh karenanya saya berikan apresiasi atas kegiatan yang berlangsung di hari ini. Lomba masak serba ikan ini adalah kegiatan yang luar biasa,” ucap Tyas Fatoni.

Tyas Fatoni mengatakan Indonesia merupakan negara pengekspor ikan dan perlu dikelola sebaik-baiknya. Indonesia khususnya Sumsel harus memiliki ketahanan pangan yang tinggi dan untuk mewujudkannya tak bisa berjalan sendiri-sendiri. Melalui kegiatan lomba masak serba ikan, dia menyebut banyak menu masakan olahan ikan yang bisa disajikan bagi keluarga. 

"Ada menu-menu luar biasa yang bisa coba disajikan sebagai hidangan keluarga. Tadi saya lihat ada sandwich ikan ya. Sajian ikan yang dikemas dengan cara modern sehingga bisa menarik minat anak untuk mengkonsumsi ikan,” ujarnya.

Menurutnya, mengkonsumsi ikan penting untuk meningkatkan asupan gizi masyarakat, khususnya anak-anak dan membantu menekan stunting di Sumsel. Oleh karena itu, Tyas Fatoni berharap kader PKK dapat menyebarluaskan dan mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. 

"Lomba ini merupakan tahap pertama ya, masih ada tahapan berikutnya. Nanti pemenang di tingkat kabupaten akan mewakili di tingkat provinsi bahkan bisa saja mewakili di tingkat nasional,” ucap Tyas Fatoni.

Sementara itu, Ketua TP PKK OKU Timur Sheila Noberta mengatakan pangan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, dilaksanakan lomba masak serba ikan sebagai makanan dengan kandungan gizi yang lengkap.

"Lomba ini diharapkan dapat mendorong konsumsi ikan bagi masyarakat di Bumi Sebiduk Sehaluan sekaligus menyebarluaskan informasi tentang manfaat ikan bagi masyarakat. Dasawisma sebagai akar rumput PKK. Kader PKK hendaknya dapat menindaklanjuti kegiatan ini", ucapnya.

Lomba masak serba ikan ini melibatkan 20 peserta dari 20 Kecamatan di OKU Timur dengan mengusung tema ‘Wujudkan Generasi yang Unggul dan Bebas Stunting dengan Gemarikan’.

“Ada tiga kategori menu yang diperlombakan yaitu menu ikan untuk keluarga, menu ikan untuk balita, dan menu ikan untuk kudapan (snack),” tandasnya. (Ril/Red)