Gemilang Terkini

Rabu, 15 Mei 2024

Kades Sakatiga Mengaku Bangga Dengan Adanya Penyuluhan Dari BPN Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di kantor desa Pemerintah Desa Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) pemerintah desa sakatiga mengikuti Penyuluhan Dalam Rangka Pengembangan Program Kegiatan Penanganan Akses Reforma Agraria Tahun Pertama Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Ilir, selasa (14/5/2024).

Salah satu Field Staff dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ogan Ilir (OI) ketika diwawancarai seusai penyuluhan mengatakan bahwa memang benar hari ini kita dari BPN OI telah menyelenggarakan penyuluhan di desa sakatiga, adapun untuk tujuan dari penyuluhan tersebut adalah khusus untuk menyalurkan atau optimalisasi lahan yang sudah memiliki sertifikat.

"Jadi disini fokusnya untuk lahan-lahan yang sudah punya sertifikat, jadi lahannya itu dipakai untuk apa, kalau misalkan dia ada kendala di bidang perikanan, pertanian, ataupun UMKM nantinya kita akan hubungkan ke dinas-dinas terkait, jadi intinya untuk lahan-lahan yang sudah bersertifikat" Katanya.

Dikatakannya, namun kalau untuk yang belum sertifikat itu kemungkinan untuk tahun pertama ini belum, tapi kalau nantinya mau bikin sertifikat nanti akan kita ajukan lagi ke kantor, untuk syarat pembuatan sertifikat sendiri yakni PBB, KTP, KK.

Kemudian disinggung soal biaya pembuatan dirinya menjelaskan bahwa untuk biaya pembuatan tersebut tergantung, dan untuk jelasnya bisa langsung ke kantor karena ada hitungan tergantung berapa luas lahannya.

"Sedangakan untuk proses pembuatan sertifikat itu tergantung misalkan kalau memalui program PTSL atau Prona bisa sekitar enam bulan, namun kalau secara mandiri bisa lebih dari enam bulan"Terangnya.

Ditambahkannya, "Untuk sertifikat sendiri banyak sekali manfaatnya yakni bisa bekerjasama dengan bank untuk pengajuan pinjaman modal untuk usaha, ataupun untuk dinas terkait bisa berkoordinasi untuk mendapatkan bantuan, baik dari dinas perikanan maupum dari dinas pertanian dan juga dinas-dinas terkait" Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sakatiga Herman ketika diwawancarai seusai penyuluhan mengatakan, manfaat penyuluhan sangat menguntungkan sekali bagi warga khususnya warga sakatiga, seperti hal dari pihak pertanian mereka bisa memberikan puput dan juga lain sebagainya, kemudian dari dinas perdagangan bisa mengajukan bantuan modal, tapi dengan bersyarat dan diajukan ke bank sumsel.

"Selain itu juga untuk modal usaha, dari dinas perikanan mereka juga bisa memberikan bibit sejenis bibit ikan patin, terus dia sistem berkelompok, dan kami sebagai pemerintahan desa sangat mendukung dengan program ini, sangat senang, sangat merasa bangga dengan adanya program ini, karena salah satunya bisa meringankan beban masyarakat desa sakatiga" Pungkasnya. (Edi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar