Gemilang Terkini

Senin, 13 Mei 2024

Kades Meranjat Ilir Berharap Ketahanan Pangan Bisa Memberi Manfaat Bagi Masyarakat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketahanan pangan desa adalah kemampuan suatu desa atau komunitas desa untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya secara mandiri dan berkelanjutan, dengan memperhatikan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, serta nilai gizi dari pangan yang dihasilkan.

Hal ini mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi pangan yang berkelanjutan, serta upaya-upaya untuk membangun kemandirian dan kedaulatan pangan di tingkat desa

Ketahanan pangan merupakan program unggulan Menteri Perdesaan, dimana setiap desa yang ada di Indonesia ini wajib menganggarkan Dana Desa (DD) sebesar 20% dari total dana desa untuk program ketahanan pangan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi gizi pangan sesuai dengan permendes nomor 82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan.

Kades meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Ikmal M. Zaman, S.IP ketika diwawancarai terkait dana ketahanan pangan di desanya mengatakan untuk dana ketahanan pangan didesanya pada tahun 2022 kita belikan bibit ikan patin dan juga pakannya.

"Semuanya sudah kita serahkan kepada masyarakat, dengan harapan semoga bisa bermanfaat untuk warga desa" Kata Kades ketika diwawancarai, Selasa (14/5/2024).

Dijelaskannya, untuk tahun 2023 kita manfaatkan untuk jalan titian dan ikan patin, lanjut dari program tahun 2023 kemarin, kemudian untuk jalan-jalan titian baru selesai 50 meter dengan total panjang sekitar 120 an meter.

"Selanjutnya untuk jalan titian dilanjutkan tahun 2024, jalan titian terletak di dusun 2 sedangkan kolam ikan terletak di dusun 1 desa Meranjat ilir, jadi untuk jalan-jalan titian langsung menuju ke kolam ikan" Paparnya.

Ditambahkannya, "Saya berharap semoga dana ketahanan pangan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk masyarakat desa Meranjat Ilir" Harapnya. (Edi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar