Pages

Selasa, 14 Mei 2024

Kecamatan Tanjung Raja Siap Cairkan ADD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) siap untuk pencairan Anggaran Dana Desa (ADD). Hal tersebut berdasarkan keterangan camat Tanjung Raja Yus Afriadi ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (13/5/2024).

"Ya, tadi kita sudah menggelar rapat dengan seluruh kepala desa se kecamatan tanjung raja, dan Alhamdulillah untuk pencairan ADD tidak ada kendala" Katanya.

Dikatakannya, untuk saat ini semua sudah selesai, semua berkas sudah masuk dan tinggal proses Pencairan, dan dalam waktu dekat akan segera dicairkan, mungkin ada sekitar dua desa yang masih belum lengkap.

Ditambahkannya, "insya Allah untuk add kecamatan tanjung raja tidak ada masalah, tinggal dicairkan oleh masing-masing kepala desa, kasihan lihat perangkat desa yang belum menerima tunjangan" Imbuhnya. 

Terpisah, ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Tanjung Raja Taufik yang juga merupakan Kepala Desa Kerinjing ketika dikonfirmasi terkait rapat hari ini mengatakan bahwa, ya tadi kami seluruh Kepala Desa menggelar rapat dan semuanya tidak ada kendala.

"Alhamdulillah, berdasarkan kebijakan dari bupati berkas untuk syarat pencairan ADD tidak harus 70 persen dan untuk Kecamatan tanjung raja untuk berkas sudah naik tapi sebagian masih d urus, yang jelas untuk kades kecamatan tanjung raja dalam waktu akan segera kita cairkan" Pungkasnya. (Edi/Red)

Senin, 13 Mei 2024

Kades Meranjat Ilir Berharap Ketahanan Pangan Bisa Memberi Manfaat Bagi Masyarakat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketahanan pangan desa adalah kemampuan suatu desa atau komunitas desa untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya secara mandiri dan berkelanjutan, dengan memperhatikan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, serta nilai gizi dari pangan yang dihasilkan.

Hal ini mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi pangan yang berkelanjutan, serta upaya-upaya untuk membangun kemandirian dan kedaulatan pangan di tingkat desa

Ketahanan pangan merupakan program unggulan Menteri Perdesaan, dimana setiap desa yang ada di Indonesia ini wajib menganggarkan Dana Desa (DD) sebesar 20% dari total dana desa untuk program ketahanan pangan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi gizi pangan sesuai dengan permendes nomor 82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan.

Kades meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Ikmal M. Jaman, S.IP ketika dikonfirmasi terkait dana ketahanan pangan di desanya mengatakan untuk dana ketahanan pangan didesanya pada tahun 2022 kita belikan bibit ikan patin dan juga pakannya.

"Semuanya sudah kita serahkan kepada masyarakat, dengan harapan semoga bisa bermanfaat untuk warga desa" Kata Kades ketika diwawancarai, Selasa (14/5/2024).

Dijelaskannya, untuk tahun 2023 kita manfaatkan untuk jalan titian dan ikan patin, lanjut dari program tahun 2022 kemarin, kemudian untuk jalan-jalan titian baru selesai 50 meter dengan total panjang sekitar 120 an meter.

"Selanjutnya untuk jalan titian dilanjutkan tahun 2024, jalan titian terletak di dusun 2 sedangkan kolam ikan terletak di dusun 1 desa Meranjat 1, jadi untuk jalan-jalan titian langsung menuju ke kolam ikan" Paparnya.

Ditambahkannya, "Saya berharap semoga dana ketahanan pangan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk masyarakat desa Meranjat Ilir" Harapnya. (Edi/Red)

Rapat Paripurna Ke - 6 MP I Tahun 2024, Laporan Reses Anggota DPRD Kota Palembang Dari Tiap Dapil

Rapat Paripurna Ke - 6 MP I Tahun 2024, Laporan Reses Anggota DPRD Kota Palembang Dari Tiap Dapil


PALEMBANG, GmjNews.co.id || Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palembang menggelar rapat paripurna ke - 6 Masa Persidangan  I Tahun  2024 di hadiri oleh Pj Walikota didampingi Sekda Kota Palembang, Serta Camat, Lurah, Para Kepala Dinas,  Kepala Kesatuan dan juga Pimpinan BUMN maupun BUMD sekota Palembang,  bertempat diruang rapat utama DPRD Kota Palembang, Jalan Gubernur H.Bastari No.02 Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan. Senin ( 13/05/2024 ) 

Wakil Ketua III DPRD Kota Palembang Soedirman, S.Sos, M.Si, Membuka dan memimpin Rapat Paripurna Ke - 6 MP I Tahun 2024.
Hari ini telah hadir baik secara langsung maupun virtual sebanyak 50 orang anggota dewan dengan demikian telah tercapai kuorum,  Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh Badan Musyawarah DPRD Kota Palembang maka agenda Acara Rapat pada hari ini adalah: 
1. Laporan Reses Masa Persidangan I Anggota DPRD kota Palembang.
2.Penutupan Masa Persidangan I Tahun Kerja 2024.
3.Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Kerja 2024. Masing-Masing Anggota DPRD yang tergabung dalam Daerah Pemilihan (Dapil) menyampaikan aspirasi masyarakat.
Laporan Hasil Reses Dapil I yang meliputi Kecamatan Ilir Barat 1, Ilir Barat 2, Bukit Kecil, dan Gandus, disampaikan oleh Ishak Yasin, S.IP.  Selain masalah Infrastruktur yang rusak di UPTD Balai Benih Ikan  akibat dampak genangan pasang selama tiga bulan berturut - turut dan juga soal usulan penambahan ruang belajar di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 13 Agar kegiatan belajar mengajar lebih efektif.
Laporan Hasil Reses Dapil II yang meliputi kecamatan Sukarami, Kemuning, dan Alang-alang Lebar disampaikan oleh M. Ridwan, SH, MH. Mengatakan perlunya agar segera diperbaiki lampu jalan dilingkungan jalan keluarga maupun jalan poros,  Termasuk juga perbaikan jalan yang rusak, perlunya cor beton dan pengaspalan, juga dibuatkan drainasenya.

Aspirasi Lainnya yaitu banyak sekali tokoh masyarakat yang mengusulkan perhatian terhadap disabilitas supaya dibuka kesempatan yang sama diperhatikan karena di undang-undang itu tetap ada hak daripada disabilitas. kemudian ada lagi dari tokoh-tokoh agama mereka meminta perhatian terhadap Marbot agar bisa dikasih insentif karena tidak semua masjid bisa menanggung biaya Marbot, katanya.



Selanjutnya, Laporan Hasil Reses Dapil III, Mencakup wilayah  Kecamatan Ilir Timur 1, Ilir Timut 2 dan Ilir Timur 3 disampaikan oleh Aldestar, ST, MT. Mengatakan warga meminta perbaikan jalan di Kelurahan 20 Ilir Kecamatan Ilir Timur 1 perbaikan fasilitas umum seperti WC umum penampungan air dan penyediaan air bersih di Kelurahan 18 Ilir dan perbaikan lampu jalan yang mati karena banyak yang rusak disetiap Kecamatan. “Lalu di Kelurahan Sungai Buah sering banjir dan warga juga meminta agar dilakukan pengecoran jalan di wilayah Dapil III,” ungkapnya.



Berikutnya, Laporan Hasil Reses Dapil IV terdiri dari Kecamatan Sematang Borang, Sako, dan Kalidoni yang disampaikan oleh Harya Pratystha, SH, MH. Mengatakan, Ada aspirasi terkait  pembangunan infrastruktur berupa perbaikan jalan dan warga meminta pemerataan dalam pemasangan jaringan gas. Lalu usulan agar dibuatkan kolam retensi di kawasan Kalidoni untuk antisipasi banjir dimusim penghujan.



Kemudian, Laporan Hasil Reses Dapil V Memiliki dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Seberang Ulu 2 dan Kecamatan Plaju disampaikan oleh H.Chairudin Pelita Maret, A.md. Mengungkapkan temuan di masyarakat setelah dilakukan dialog interaktif dengan masyarakat kecamatan Plaju dan Kecamatan seberang u-2 serta kunjungan lapangan di terminal UPTD Plaju diperoleh beberapa aspirasi dan temuan di masyarakat yang perlu diketahui dan ditindaklanjuti oleh pemerintah kota Palembang antara lain mencari solusi mengatasi permasalahan Kemacetan lalu lintas di Jembatan Musi 4 dan di jalan DI Pandjaitan tepatnya di depan Jalan Jaya dan Pertahanan yang sering terjadi kemacetan terutama di jam kerja. Selanjutnya usulan warga yang meminta perbaikan infrastruktur jalan, jembatan termasuk juga fungsi drainase kemudian kerusakan lampu jalan masih sangat dikeluhkan warga dan diharapkan kepada Pemerintah Kota Palembang melalui dinas terkait untuk ditindaklanjuti.



Terakhir, Laporan Hasil Reses Dapil VI yang Meliputi Kecamatan Kertapati,  Seberang Ulu 1, dan Kecamatan Jakabaring disampaikan oleh dengan DR. H.Fauzi Achmad, SH, MH. mengatakan, aspirasi dari konstituen berupa permohonan kepada PT KAI untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah kota Palembang untuk membuatkan pintu perlintasan kereta api atau rambu-rambu di wilayah Keramasan, Terkait dengan lahan yang bersinggungan kepemilikan dengan masyarakat segera untuk difasilitasikan oleh pemerintah kota Palembang. Beberapa yang perlu diketahui dan ditindak lanjuti oleh Pemerintah Kota Palembang agar memprioritaskan pembangunan infrastruktur berupa perbaikan jalan, Pengaspalan jalan pembuatan Jalan Jembatan, Drainase normalisasi aliran sungai dan pemasangan beberapa titik lampu Jalan Serta perbaikan lampu jalan yang rusak di wilayah Dapil 6 ini, Pungkasnya.


Usai Laporan Reses dari tiap - tiap dapil, Paripurna dilanjutkan dengan penutupan MP I dan pembukaan MP II tahun 2024 yang dibacakan langsung oleh Wakil Ketua II , RM Yusuf Indra Kesuma, SH. Menyampaikan kegiatan DPRD Kota Palembang Masa Persidangan 1 tahun 2024 dari tanggal 28 Desember 2023 sampai dengan 13 Mei 2024.

“Hasil Reses yang baru disampaikan semua terlampir di produk DPRD Kota Palembang Selama masa persidangan 1 tahun kerja 2024 telah ditetapkan dua keputusan DPRD dan satu keputusan pimpinan”, ujarnya.

“Yaitu, Keputusan DPRD Kota Palembang Nomor 13 tahun 2023 tentang program pembentukan peraturan daerah tahun 2024, Keputusan DPRD kota Palembang Nomor 14 tahun 2023 tentang rencana kerja tahunan DPRD tahun 2024 dan Keputusan pimpinan DPRD Kota Palembang Nomor 01 Tahun 2024 tentang penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban Wali kota tahun 2023, tutupnya. (ADV)

Pewarta : (Budi)

DPRD OI Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tingat Kedua

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Rapat Paripurna V DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun sidang 2024, Rabu (24/4/2024).

Rapat paripurna tersebut yakni dalam rangka Pembahasan Laporan Keterangan PertanggungJawaban  (LKPJ) Bupati Ogan Ilir Tahun Anggaran 2023 pada Pembicaraan Tingkat Kedua.

Adapun pembicaraan tingkat kedua tersebut diantaranya: 
a. Penyampaian Laporan Pansus DPRD Kabupaten Ogan Ilir tentang catatan-catatan Strategis DPRD Kabupaten Ogan Ilir.
b. Pengambilan Keputusan Rapat Paripurna.
c. Pendapat akhir Bupati Ogan Ilir.

Rapat berlangsung di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Dipimpin dan dibuka oleh Ketua I DPRD Ogan Ilir Soeharto HS, S.H didampingi Wakil Ketua II DPRD Ogan Ilir Ahmad Syafei dan Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, SH., MH.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir beserta Jajaran Kepala OPD Kabupaten Ogan Ilir juga Camat se-Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)

DPRD Ogan Ilir Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun Anggaran 2023

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar rapat Paripurna V DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun sidang 2024 pada Pembicaraan tingkat kesatu (lanjutan), Rabu (17/4/2024).

Rapat paripurna tersebut yakni Penyampaian Jawaban dan/ atau Penjelasan Bupati Ogan Ilir terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Ogan Ilir atas Nota pengantar Bupati Ogan Ilir tentang Laporan Keterangan PertanggungJawaban (LKPJ) Bupati Ogan Ilir Tahun Anggaran 2023.

Rapat berlangsung di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Dipimpin dan dibuka oleh Wakil Ketua I DPRD Ogan Ilir Wahyudi, ST didampingi Wakil Ketua II DPRD Ogan Ilir Ahmad Syafei dan Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, SH., MH.

Paripurna tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir beserta Jajaran Kepala OPD Kabupaten Ogan Ilir juga Camat se-Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Suharto pimpin Rapat Paripurna V DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun sidang 2024, Selasa (2/4/2024).

Rapat paripurna tersebut yakni dalam rangka Penyampaian Pandangan Umum Fraksi - Fraksi DPRD Kabupaten Ogan Ilir terhadap Nota Pengantar Bupati Ogan Ilir tentang Laporan Keterangan PertanggungJawaban ( LKPJ ) Bupati Ogan Ilir Tahun Anggaran 2023.

Rapat berlangsung di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Dipimpin dan dibuka Langsung oleh Ketua DPRD Ogan Ilir Soeharto HS, SH, didampingi Wakil Ketua II DPRD Ogan Ilir Ahmad Syafei dan Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, SH., MH.

Rapat tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir beserta Jajaran Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)

DPRD Ogan Ilir Gelar Rapat Paripurna V Tahun Sidang 2024

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Rapat Paripurna V DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun sidang 2024, Selasa (19/03/2024).

Rapat paripurna tersebut bertujuan dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar oleh Bupati Ogan Ilir tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ) Bupati Ogan Ilir Tahun Anggaran 2023.
 
Rapat berlangsung di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Dipimpin dan dibuka Langsung oleh Ketua DPRD Ogan Ilir Soeharto HS, SH, didampingi Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, SH., MH.

Paripurna tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir beserta Jajaran Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)

Jumat, 10 Mei 2024

Ketua IWO Indonesia Ogan Ilir Berharap Pelaku Pembunuhan Wartawan Segera Ditangkap

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPD IWO Indonesia  kabupaten Ogan Ilir provinsi Sumatera Selatan yang di Pimpin Yasandy mengutuk keras pelaku pembunuhan salah seorang Anggota IWO I di Daerah Empat Lawang Sumatera Selatan agar Kapolres Empat Lawang dan Kapolda Sumatera Selatan segera menangkap pelaku pembunuhan dan menindaklanjuti Proses Hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Kronologi sesuai pemberitaan bahwa Anggota Ikatan Wartawan Online Indonesia kabupaten Empat Lawang tertusuk di bagian leher akibat perkelahian di wilayah Hukum polres kabupaten Lahat. Kamis (09 Mei 2024).

Korban bernama Junaidi yang aktif sebagai jurnalis IWO I Empat Lawang dan beliau juga tergabung di anggota pemuda Pancasila kabupaten empat lawang saat ini telah meninggal dunia di perkirakan kurang lebih jam 05:00 hari Kamis 09 Mei 2024.

Motif terjadinya pembunuhan tersebut belum di ketahui karena pihak kepolisian Wilayah HUKUM polres Empat Lawang masih mendalami motifnya,

Sementara itu Polsek kikim barat pada sore ini kamis 09 mei 2024 jam 17:41 telah mengamankan salah satu rekan dari di duga pelaku yang masih berstatus sebagai saksi karena masih tahap proses pemeriksaan

Adapun nama saksi rekan dari di duga pelaku ber inisial ‘S” di serahkan langsung oleh pihak keluarga,dan Kapolsek Kikim barat berharap di duga Pelaku menyerahkan diri."terang Kapolsek.

Sementara pihak keluarga berharap agar pelaku cepat di temukan dan di hukum sesuai dengan undang- undang yang berlaku.

Ketua DPD Iwo Indonesia kabupaten Ogan Ilir Yasandy didampingi bendahara Neni Susanti SKM mengucapkan turut berduka cita atas kejadian tersebut semoga almarhum dalam keadaan husnul khatimah. Untuk para pelaku segera menyerahkan diri dan supaya masalah ini bisa cepat selesai. Kami akan selalu mengawal kasus ini sampai tuntas. Serta keadilan akan segera terwujud." ungkapnya. (Ril)

Kamis, 09 Mei 2024

Lakukan Peningkatan Jalan, Ini Harapan Kades Tebing Gerinting Selatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan menggunakan Danan Desa tahap 1 tahun 2024, Pemerintah Desa Tebing Gerinting Selatan Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) melakukan Peningkatan Jalan Desa.

"Hari ini kita melakukan pekerjaan berupa peningkatan jalan setapak yang ada di desa tebing gerinting selatan, tepatnya di dusun 4 desa tebing gerinting selatan" Kata Hijazi Anam Kepala Desa (Kades) Tebing Gerinting Selatan ketika diwawancarai dilokasi pekerjaan, kamis (9/5/2024).

Adapun untuk kegiatan tersebut, yakni panjang jalan 121 meter, lebar 2,45 meter, kemudian tebal jalan 10 centimeter, yang langsung dikerjakan oleh masyarakat secara swadaya.

"Yang jelas kita sudah sesuai dengan HOK untuk pengerjaan, bisa dilihat sendiri, kemudian saya selaku kepala desa untuk ke depan sangat berharap dengan adanya peningkatan jalan ini masyarakat bisa lebih terbantu lagi, karena jalan sudah kita perbaiki" Harapnya.

Ditambahkannya, "Nantinya diharapkan akses jalan bisa lebih mudah lagi, semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa dengan mudah untuk melewati akses jalan tersebut, khususnya untuk menuju ke dusun empat" Tutupnya. (Edi/Red)

Lakukan Peningkatan Jalan, Ini Harapan Kades Tebing Gerinting Selatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan menggunakan Danan Desa tahap 1 tahun 2024, Pemerintah Desa Tebing Gerinting Selatan Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) melakukan Peningkatan Jalan Desa.

"Hari ini kita melakukan pekerjaan berupa peningkatan jalan setapak yang ada di desa tebing gerinting selatan, tepatnya di dusun 4 desa tebing gerinting selatan" Kata Hijazi Anam Kepala Desa (Kades) Tebing Gerinting Selatan ketika diwawancarai dilokasi pekerjaan, kamis (9/5/2024).

Adapun untuk kegiatan tersebut, yakni panjang jalan 121 meter, lebar 2,45 meter, kemudian tebal jalan 10 centimeter, yang langsung dikerjakan oleh masyarakat secara swadaya.
"Yang jelas kita sudah sesuai dengan HOK untuk pengerjaan, bisa dilihat sendiri, kemudian saya selaku kepala desa untuk ke depan sangat berharap dengan adanya peningkatan jalan ini masyarakat bisa lebih terbantu lagi, karena jalan sudah kita perbaiki" Harapnya.

Ditambahkannya, "Nantinya diharapkan akses jalan bisa lebih mudah lagi, semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa dengan mudah untuk melewati akses jalan tersebut, khususnya untuk menuju ke dusun empat" Tutupnya. (Edi/Red)